cover
Contact Name
akhyarnis febrialdi
Contact Email
febrialdi1@gmail.com
Phone
+628117408799
Journal Mail Official
jurnalkomposits.umb@gmail.com
Editorial Address
Prodi Teknik Sipil, Kampus I Universitas Muara BungoFakultas Teknik Universitas Muara Bungo. Jl Lintas Sumatera. Sungai Binjai
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
Jurnal KOMPOSITS
ISSN : -     EISSN : 27217256     DOI : 10.36355
Jurnal KOMPOSITS mempublikasikan artikel Hasil Penelitian dan Paper review (literature article) dengan Ruang Lingkup : 1. Material & Rekayasa Struktur. 2. Teknik Sumber Daya Air 3. Sistem Transportasi dan Perkerasan Jalan 4. Manajemen Konstruk
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021): Februari, Jurnal KOMPOSITS" : 6 Documents clear
PERBANDINGAN STRUKTUR STATIS TIDAK TENTU DAN LUAS PENULANGAN BALOK BETON BERTULANG DENGAN SAP2000® Brama Nalendra
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 1 (2021): Februari, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i1.583

Abstract

Makalah ini menyajikan perbandingan sederhana gaya – gaya dalam statis tidak tentu dan luas penulangan balok beton. Gaya-gaya dalam balok statis tidak tentu, menggunakan metode clayperon, kemudian gaya-gaya dalam portal sederhana statis tidak tentu dengan metode basic stiffness method, dibandingkan dengan nilai hasil running menggunakan SAP2000®. Luas penulangan menggunakan peraturan SNI 2847:2013 dan dibandingkan dengan luas penulangan hasil running SAP2000
PENGARUH JUMLAH KENDARAAN TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN JALAN DI RUAS JALAN TEMBESI- SAROLANGUN Sucitra Wijaya; Agung Prasetyo
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 1 (2021): Februari, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i1.588

Abstract

Lalu lintas merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan jalan. Perkerasan lentur umumnya dipakai pada jalan yang memiliki lalu lintas cukup padat. Dengan jumlah kendaraan yang semakin bertambah dimungkinkan jalan akan mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif pendek. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui berapa jumlah kendaraan dengan tingkat kerusakan jalan dan hubungan volume kendaraan dengan tingkat kerusakan jalan pada perkerasan lentur diruas jalan tembesi-sarolangun. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode visual untuk melihat jenis kerusakan lalu melakukan pengukuran pada bagian jalan yang rusak dan menghitung jumlah kendaraan pada jam puncak serta mendapatkan data umur jalan nya. Dengan begitu, didapatkan 3  (tiga) data, yaitu data inventori jalan, data nilai kerusakan dan data waktu setelah jalan terakhir diperbaiki. Setelah dilakukan survey dan analisis data, maka didapatkan bahwa ruas jalan tembesi-sarolangun memiliki lebar jalan 7meter, panjang ruas jalan 39,8 km, jumlah jalur 2, jumlah lajur 2, tidak terdapat median dan jenis konstruksi perkerasan aspal. Pada perhitungan nilai kerusakan jalan didapatkan Nr sebesar 57,2. Nilai satuan mobil penumpang (smp) pada jam puncak sebesar 259,234 /jam pada arah Tembesi Sarolangun dan 180,23/jam pada arah Sarolangun-Tembesi. Dan pada umur jalan, didapatkan dari terakhir diperbaiki dan sampai pada saat dilakukan survey yaitu 32.400 jam
TINJAUAN ULANG SALURAN DRAINASE KELURAHAN JAYA SETIA BAGIAN HILIR KABUPATEN BUNGO Adam Kurniawan; Ade Kurnia Putri
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 1 (2021): Februari, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i1.584

Abstract

Kelurahan Jaya Setia Bagian Hilir Kabupaten Bungo kerap sekali dilanda musibah banjir, banjir yang terjadi di daerah ini disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi, kondisi saluran drainase yang tidak terpelihara serta dimensi saluran yang tidak terlalu besar sehingga tidak cukup untuk menampung debit air yang datang. Berdasarkan dari latar belakang diatas dapat diketahui bagaimana perencanaan saluran drainase di kawasan Kelurahan Jaya Setia sehingga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari solusi dalam upaya mengatasi banjir dengan peninjauan ulang kapasitas saluran drainase di kawasan Kelurahan Jaya Setia. Penelitian ini menggunakan metode Rata-rata Aljabar, Log Perso lll dan metode Mononobe.Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang didapat di lapangan maupun melalui instansi-instansi yang berkaitan. Berdasarkan analisa yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penyebab utama terjadinya banjir adalah karena tingginya curah hujan dan sebelum menjadi tempat permukiman penduduk, kawasan ini merupakan kawasan rawa. Besarnya curah hujan maksimum dihitung menggunakan Metode Log Person III, untuk kala ulang 10 tahun didapat sebesar 757.356, untuk 5 tahun sebesar 89.007 dan untuk kala ulang 2 tahun sebesar 5.847 dan Penampang saluran yang direncanakan adalah penampan saluran persegi dengan tujuan untuk menghemat lahan dan mempermudah perawatan.
TINJAUAN GELAGAR JEMBATAN PRATEGANG SEGMENTAL TYPE I POST-TENSIONING DENGAN BENTANG 25 METER PADA JEMBATAN SUNGAI BENIT Budi Eka Dharma; Muhammad Amin; Suwarjo Suwarjo
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 1 (2021): Februari, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i1.585

Abstract

Jembatan beton pratekan atau yang dikenal dengan Presressed Concrete Bridge (PC Bridge) merupakan salah satu jenis jembatan dengan material konstruksi beton pratekan/prategang atau beton yang berisi kabel baja dengan tujuan untuk memberikan tegangan awal berupa tegangan tarik terhadap beton akibat sifat beton yang tidak memiliki elastisitas yang cukup kuat. Dalam hal ini, beton pratekan sebagai solusi untuk mengatasi besarnya vibrasi yang timbul pada struktur beton khususnya pada struktur dengan bentang yang besar.Jembatan Sungai Benit merupakan jembatan beton prategang, dimana gelagar dari jembatan tersebut merupakan gelagar I segmental beton prategang (post-tensioning) dengan panjang jembatan 25,6 m dan lebar 7 m. Jembatan Sungai Benit terletak di desa Sungai Benit, kecamatan Rimbo Tengah, kabupaten Bungo. Faktanya, dalam aplikasinya, cukup sering terjadi keretakan dan kerusakan dalam struktur jembatan beton pratekan misalnya, pada gelagar, oprit dan, pangkal jembatan, yang pada dasarnya memiliki anggaran yang tidak kecil menunjukkan perlunya tinjauan ulang terhadap jembatan khususnya pada bagian gelagar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui 3 tahapan; Pertama, perhitungan pembebanan gelagar, melalui perhitungan beban mati dan beban hidup. Kemudian, perhitungan analisa struktur gelagar, yang meliputi analisa tegangan terhadap berat, perhitungan gaya prategang, penentuan layout kabel tendon, dan perhitungan kehilangan gaya prategang. Ketiga, dilanjutkan dengan perhitungan kontrol terhadap kekuatan dan kestabilan yang meliputi kontrol terhadap tegangan akhir, dan terhadap lendutan
PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KONTRAKTOR KONSTRUKSI DI KABUPATEN BUNGO Radinal Radinal; Hedy Alsiswara
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 1 (2021): Februari, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i1.586

Abstract

Penerapan Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hal yang penting bagi perusahaan, karena dampak kecelakaan kerja tidak hanya dapat merugikan karyawan, tetapi juga perusahaan. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui bagaimana penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada perusahaan kontraktor konstruksi di Kabupaten Bungo dan mengetahui kendala penerapan keselamatan dan kesehetan kerja serta manfaat dari penerapan keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tentang Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai K3 diperusahaan kontraktor di Kabupaten Bungo. Responden data yang digunakan pada penelitian ini yaitu perusahaan dengan kelas besar, menengah dan kecil diambil sampel PT.A, PT.B dan PT.C. Berdasarkan analisis dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kontraktor A,B,C sudah mengetahui tujuan dari K3 diperusahaan, menerapkan K3 dengan baik dan telah memberikan asuransi kesehatan bagi setiap pekerja, Pelaksanaan K3 diperusahaan A,B,C sudah menimilasirkan kecelakaan kerja dan meningkatkan produktivitas perusahaan dan tenaga kerja, Perusahaan A,B,C sudah melaksanakan pengendalian dan pencegahan terjadinya kecelakaan kerja dengan baik berupa pelatihan dan pengarahan bagi para pekerja. Berdasarkan penelitian ada beberapa saran kepada perusahaan yaitu Kontraktor A,B,C diharapkan lebih meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang K3, Perlu adanya pengawasan yang lebih baik dan berkelanjutan kaitanya dengan pemakaian alat pelindung diri agar penerapan K3 dapat berlangsung secara efektif sehingga memberikan keaman dan kenyamanan bagi karyawan serta meningkatkan mutu dan produktivitas perusahaan, Karyawan di perusahaan A,B dan C diharapkan meningkatan kesadaran tentang resiko kecelakaan kerja agar bisa mengurangi kendala di perusahaan.
REDESAIN GEDUNG KULIAH BERLANTAI EMPAT UNIVERSITAS MUARA BUNGO Rudi Hartono; Suwarjo Suwarjo; Ari Endra Nasution
Jurnal KOMPOSITS Vol 2, No 1 (2021): Februari, Jurnal KOMPOSITS
Publisher : Universitas Muara Bungo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36355/jkts.v2i1.587

Abstract

Universitas Muara Bungo (UMB) melakukan pembangunan gedung sebagai langkah yang di ambil pihak Universitas untuk kemajuan dan tercapainya kelengkapan sarana dan prasarana kampus. Pelaksanaan pekerjaan yang dilaksanakan yaitu berupa pembangunan gedung perkuliahan berlantai 4 (empat) yang di rancang oleh tenaga teknis yang ada di UMB. Berdasarkan SNI 03-1729-2002 perhitungan analisa struktur atap gedung kuliah ini menggunakan bahan baja konvensional dan dipakai konstruksi baja mutu Bj.33. Perhitungan portal menggunakan metode kiyosi Mutho dengan setiap beban pada masing-masing lantai dianggap sebagai beban gempa. Setelah dilakukan analisa tidak ada perubahan pada design karena beban telah sesuai dengan syarat perencaan portal pada gedung berlantai banyak. dilakuan analisa berdasarkan beban terbesar dari kolom secara keseluruhan pada setiap lantai dan data sondir didapat ukuran pondasi tapak yaitu 200 cm x 200 cm cukup untuk menahan beban pada portal

Page 1 of 1 | Total Record : 6